Ternyata Smartphone Tidak Membuat Milenial Menumbuhkan Tanduk

MUNGKIN judul artikel ini terlihat aneh dan tidak masuk akal. Demikian juga penelitian yang pernah klaim bahwa milenial yang gandrung menggunakan smartphone akan menumbuhkan tanduk akibat postur kepala yang sering menunduk.

Tanduk yang dimaksud ini bukanlah tanduk seperti pada berbagi hewan yang kita kenal. Penelitian ini sebelumnya mengarahkan pada keterkaitan kebiasaan menunduk karena menggunakan smartphone. Kemudian postur ini secara perlahan akan mendorong pertumbuhan tambahan tulang pada belakang tengkoraknya. Media dengan cepat mengangkat ini dan menggunakan kata “tanduk” untuk menarik perhatian masyarakat.

  Virus Corona Varian Baru Teror 17 Negara

Penelitian ini kemudian menuai kritik karena ketidakakuratannya secara ilmiah dan baru-baru ini jurnal Scientific Reports mempublikasikan koreksi dari artikel ini sehingga banyak bagian dari penelitian ini yang perlu diubah. Sebut saja materi abstrak, diskusi, metodologi, hasil, dan sebagainya. Dalam abstrak, semua kata smartphone dan tablet dihilangkan.

Yang paling penting adalah tidak adanya bukti yang bisa menghubungkan antara pembentukan tanduk dengan penggunakan perangkat berlayar, beberapa angka dengan label yang salah, dan pengakuan bahwa data diambil dari sebuah database klinis dan bukan dari relawan yang dikumpulkan untuk penelitian. Salah satu penulisnya juga menjual jasa yang diklaim mampu mengatasi masalah serius yang berkaitan dengan postur kepala yang terlalu sering menunduk.

  Anis Mata: Ratusan Dokter Meninggal Alarm Bagi Pemerintah

Scientific Reports sendiri adalah sebuah platform untuk mengakses banyak jurnal terbuka dari publisher Nature Research yang memerlukan ulasan dari sesame penulis jurnal lainnya. Namun karena banyaknya artikel yang dipublikasikan, editornya terkadang harus ikut turun tangan mengoreksi jurnal yang ada di dalamnya.

Sumber: Scientific Reports

Discussion about this post

Selamat Datang!

Silakan Login

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist